PERMAINAN ANGGARAN DALAM MANAJEMEN
KEUANGAN PUBLIK
RESUME
(diajukan guna melengkapi
tugas Ujian Akhir Semester
Teori Administrasi
Publik)
Oleh
AHMAD IRFAN LATIF
130910201038
PROGRAM STUDI
ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN ADMINISTRASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN
ILMU POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2016
Di Amerika
Serikat, permainan anggaran menjadi pemikiran utama dalam politik, menduduki
waktu dan energi ribu pelobi, politisi, dan pejabat di ibu kota negara, dan
lebih sedikit tetapi motivasi yang sama kategori orang di ibukota negara.
Mengapa? Karena anggaran secara harfiah permainan terbesar di kota. Seperti
setiap pertandingan, ada pemenang dan pecundang, dan taruhannya sangat tinggi.
Untuk alasan ini, beasiswa Amerika dalam 40 tahun terakhir telah memiliki
keasyikan utama seperti kata Aaron Wildavsky disebut "politik dari proses
anggaran".
Penekanan pada "Perdagangan
Kuda," sifat negosiasi dari proses anggaran yang bertentangan dengan
struktur formal, adalah mitra dari penekanan Lindblom pada sifat "tambahan"
dari pengambilan keputusan yang bertentangan dengan model yang komprehensif rasional.
Arus utama dalam analisis politik vudgeting selama dalam 40 tahun terakhir
tampaknya menyarankan jelas individualistis, banyak pusat pengambilan keputusan
lingkungan-lingkungan yang lebih baik dipelajari secara sosiologis daripada
melalui teori formal, prosedur, dan struktur. Seperti Allen Schick katakan,
"sebuah proses yang berkonsentrasi pada peningkatan yang lebih baik untuk
satu yang mencoba untuk meninjau seluruh anggaran karena moderat konflik,
mengurangi biaya pencarian, menstabilkan peran anggaran dan expecta-lipatan
kemungkinan bahwa nilai-nilai politik yang penting akan diambil diperhitungkan."
Namun bahaya dalam
mengangkat perdagangan kuda untuk seni dan ilmu adalah arah yang mungkin
hilang: Kami mungkin memiliki kuda terbaik tapi tak naik. Dalam kritik tentang
artikel terkenal Lindblom "The Science of Muddling Through," analis
kebijakan Yehazkel Dror berbicara dari tiga kondisi penting bagi kebijakan
incrementalist akan cukup: (1) hasil kebijakan ini harus dalam memuaskan utama;
(2) harus ada tingkat tinggi kontinuitas dalam kodrat masalah; dan (3) harus
ada tingkat tinggi kontinuitas dalam cara yang tersedia untuk menangani masalah.
Kata Dror, negara-negara berkembang tidak bisa mengejar kebijakan kekuasaan
kolonial digulingkan secara bertahap, juga tidak boleh Amerika Serikat
dikondisikan mana perubahan nilai yang dibuat sebelumnya persetujuan politik,
seperti segregasi, tidak dapat diterima. Washington Gridlock, setidaknya dalam
satu dimensi, adalah hasil yang layak dari proses yang sangat terdesentralisasi
dari budgeteering dalam pengaturan di mana pemisahan institusi kekuasaan itu
sendiri guling.
Apapun pemesanan
satu mungkin memiliki mengenai masalah ini normatif, itu adalah empiris kasus
bahwa permainan anggaran dimainkan di Washington sebagai bentuk seni, yang
anggaran-anggaran mengejar strategi mereka baik untuk belanja atau untuk pemotongan
pajak dengan pengaplikasian, strategi, dan saraf baja dari penjudi perahu.
Bahkan, proses ini agak seperti sedan utama perahu, dengan suksesi permainan
poker yang dimainkan di ruang umum yang sama kabut asap rokok dan poker wajah.
Di satu meja duduk kepala departemen dan badan-badan federal. Mereka memainkan
permainan berdasarkan pengajuan formal proposal anggaran. Hal ini sebagian
besar permaian zero sum, Anda bisa menang hanya jika orang lain kalah. Sebagai
contoh, jika Departemen Pertahanan keuntungan, program sosial cenderung
kehilangan. Setiap pemain berusaha untuk "menaikkan taruhan" dengan
mengacu pada konsekuensi atau risiko yang akan diambil jika sistem pertahanan
terbaru tidak dikembangkan, atau jika penanganan banjir pekerjaan umum di
sepanjang Sungai Mississippi tidak dilakukan, pelobi berlama-lama di latar belakang
di daerah yang dikenal sebagai Gucci Gulch, mendaftar anggota kongres dengan
persuasi atau penawaran. Di meja lain duduk kongres dan wanita, dengan satu
ditangani, pernah curiga bahwa kartu berikutnya akan datang dari lengan dealer.
Di bar, korps pers memandang bermain, membentuk penilaian, dan mengejar
strategi dan proeccupations mereka sendiri untuk atau isu minggu depan hari
berikutnya. Di atas geladak luar, menikmati udara segar tapi masih dekat dengan
adegan aksi, adalah anggota dari think tank konservatif dan liberal. Mereka
cukup dekat untuk memiliki rasa datang dari bermain di dalam sedan, tapi itu
adalah pandangan yang tidak sempurna dari pengikut kamp di setiap pertempuran.
Di kelas dek bawah, ada beberapa teori anggaran akademik, di papan untuk
perjalanan.
Seperti dalam
poker, tebing dan berlebihan adalah alat taktis kunci dari departemen dan
pengeluaran pendukung selama proses anggaran. Sadar bahwa tawaran mereka akan
dikenakan beberapa derajat pengurangan, penawar membangun taktik pelindung
dengan menyediakan untuk pengurangan dalam tingkat asli dari tawaran. Ini tidak
berbohong, tapi memainkan pertandingan yang sulit di mana tidak ada imbalan
bagi yang kalah. Permainan itu sendiri diatur. Ada aturan dalam persiapan
anggaran untuk indeks insflation yang akan digunakan, cara di mana biaya yang
dianggarkan dan program harus didokumentasikan. Tapi tidak ada batas pada
ambisi kepala badan yang ingin memaksimalkan anggaran badan mereka dan
impotance program mereka ini. Dalam dunia sering menyimpang dari pemerintah,
onemay hanya sama pentingnya dengan ukuran anggaran seseorang. Hardik
birokratis "saya lebih besar dari Anda" terdengar sering selama
anggaran abadi wars.this fenomena universal. Seperti Sir Humphrey Appleby dalam
buku Menteri Ya Lengkap menjelaskan kepada rekan pegawai negeri Inggris,
"kita mengukur kesuksesan dengan ukuran staf kami dan anggaran kami.
Menurut definisi sebuah departemen besar adalah lebih sukses dari yang
kecil."
Keliru dari
perkiraan anggaran adalah alat yang digunakan oleh kedua pendukung Program dan
lawan Program. Seorang eksekutif mungkin berusaha untuk melebih-lebihkan atau
meremehkan pengeluaran atau pendapatan untuk memberikan alasan untuk memotong
biaya atau untuk meminimalkan defisit anggaran yang dirasakan. Untuk alasan ini
Kongres memperoleh perkiraan sendiri dari kantor anggaran kongres, yang mereka
anggap sebagai lebih dapat diandalkan dibandingkan kantor presiden manajemen
dan anggaran.
Permainan anggaran
tentu saja terdiri dari dua bidang politisi playfor: (1) membela clientale Anda
againsta kenaikan pendapatan seperti kenaikan pajak, dan (2) berusaha untuk
menarik program belanja pemerintah yang akan menguntungkan klien Anda.
Seringkali permainan ini dimainkan sehingga terampil bahwa bahkan kategorisasi
inisiatif sebagai pendapatan atau pengeluaran dapat berfungsi untuk
menyembunyikan sifatnya.
Dalam banyak
hormat interaksi antara presiden dan kongres mewakili showdown sthe dalam
permainan anggaran. Setelah semua convolutions dari dealing, perdagangan, dan
menggertak, bermain akhir adalah antara kongres dan rumah putih, bermain tinggi
di drama nya jika kongres dan presiden adalah dari pihak lawan. Tetapi
akhirnya, pertandingan tetap. Presiden harus mengirimkan anggaran untuk
kongres. Kongres tersebut, lebih-lebih jika bermusuhan, akan secara ekstensif
mengubah itu dan mengembalikannya; Presiden harus memutuskan apakah dan sejauh
apa untuk menggunakan hak veto. Belakang bermain, pedagang kuda, pelobi, dan
babi barrelers terus diperdagangkan.
Karena pentingnya
dan cara di mana itu dilakukan, permainan anggaran tidak boleh diremehkan atau
diabaikan oleh administrator publik. Pada saat yang sama, sentralitas tidak
harus mengalihkan perhatian kita terlalu jauh dari manfaat substantif kebijakan
baru dan yang sudah ada, daripada gamesmanship dengan yang dana untuk mereka
dapat dicari atau ditolak.
A. PENTINGNYA
PENGELOLAAN KEUANGAN PUBLIC
Aliran dan pengelolaan dana adalah nyawa
dari sistem kami administrasi publik. Tidak ada kebijakan, namun frsighted,
tidak ada sistem kinerja administrastif, namun baik dibuat, dapat berfungsi
kecuali hal ini terkait dengan aliran dana yang akan memungkinkan. Seperti
bagian lain dari masyarakat kisah administrasi publik tertutup sejauh ini,
sistem istirahat pengelolaan keuangan publik pada desain dan reformasi diadopsi
selama bertahun-tahun.
Manajemen keuangan publik adalah hidup
yang dinamis, sistem dengan mana warga berinteraksi setiap hari bernapas.
Pikirkan sistem ini sebagai agak seperti sistem irigasi besar, salah satu yang
mengumpulkan curah hujan di balik bendungan besar, dan mendistribusikan aliran
air melalui pipa besar dan kecil dan saluran untuk banyak komunitas yang
berbeda, untuk pengguna komersial, ke sekolah-sekolah dan rumah sakit, untuk
taman dan amal, untuk bisnis dan individu, ke daerah-daerah pantai dan gurun.
- Enam
Prinsip
Pada pesta teh boston pada tahun 1773,
perintis Amerika mulai berbaring desain sistem negara ini dari pengelolaan
keuangan publik ketika kargo dilemparkan dari teh ke boston pelabuhan daripada
membayar pajak yang wajar pada mereka ke Inggris. Ketika mereka berteriak
slogan mereka, "Tidak ada pajak tanpa perwakilan," mereka juga
sebagai serting prinsip-untuk kardinal nilai-desain sistem masa depan manajemen
keuangan publik di Amerika.
Di design sistem jantung Amerika
pengelolaan keuangan publik adalah sebagai berikut enam prinsip:
a. Persetujuan
Demokrat : Perpajakan dan belanja tidak boleh dilakukan tanpa persetujuan
eksplisit dari yang diperintah.
b. Keseimbangan
: Pemerintah harus adil (memperlakukan orang dalam kondisi yang sama sama)
dalam meningkatkan dan pajak pengeluaran.
c. Transparansi
: Apa yang pemerintah lakukan dalam meningkatkan dan dana belanja harus terbuka
untuk pengetahuan umum dan pengawasan.
d. Kejujuran
: Harus ada kejujuran dalam berurusan dengan dana publik, yang legislator dan
administrator adalah pelayan, bukan pemilik.
e. Prudence
: Stewards ini tidak harus mengambil risiko yang tidak semestinya dengan dana
publik.
f.
Akuntabilitas : Mereka
yang berurusan dengan dana publik dapat dan harus secara teratur dipanggil
untuk mempertanggungjawabkan kepengurusan mereka melalui legislatif review dan
audit yang proses.
- Anggaran
Berimbang
Sebuah anggaran yang seimbang adalah
anggaran di mana penerimaan sama dengan atau lebih besar dari pengeluaran. Sebuah
pemerintahan yang memiliki satu sehat secara finansial. Keuntungan dari
anggaran yang seimbang, tidak menghabiskan lebih dari yang Anda ambil dalam,
yang jelas. Tetapi ada juga keuntungan untuk "unbalances" anggaran,
mereka yang membutuhkan pinjaman publik.
- Tahun
Fiskal
Sarana fiskal yang berkaitan dengan
perpajakan, pendapatan masyarakat, atau utang publik. Tahun fiskal adalah
periode akuntansi 12-bulan tanpa memperhatikan satu tahun kalender. Tahun
fiskal yang ditunjuk oleh tahun kalender yang berakhir (misalnya, tahun fiskal
2001 adalah tahun fiskal yang berakhir 30 September, 2001) tidak semua
govenments negara bagian dan lokal mengikuti contoh federal. Kebanyakan negara
mulai tahun fiskal mereka pada 1 Juli; tetapi beberapa menggunakan hari April,
September, atau Oktober. Fiskal juga digunakan sebagai kata sifat semua
tujuan untuk merujuk pada hubungannya dengan keuangan govermenr. Jadi
integritas fiskal merupakan karakteristik dari anggaran pemerintah yang
menghabiskan tidak lebih dari pendapatan yang diantisipasi.
B. TEORI
PENGANGGARAN DAN PRAKTEK
Penganggaran adalah satu proses
pengambilan keputusan yang paling penting di lembaga-lembaga publik. Anggaran
itu sendiri juga dokumen referensi yang paling penting yurisdiksi ini. Dalam
format semakin tebal mereka, anggaran sekaligus merekam hasil keputusan
kebijakan, mengutip prioritas kebijakan serta tujuan program, dan menggambarkan
upaya total servica pemerintah.
Anggaran publik memiliki empat dimensi
dasar. Pertama, itu adalah alat politik yang mengalokasikan sumber daya yang
langka publik antara kebutuhan sosial dan ekonomi dari yurisdiksi. Kedua,
anggaran adalah alat manajerial atau administrasi: itu menentukan wats dan
berarti memberikan program dan layanan publik. Ketiga, anggaran
merupakan instrumen ekonomi yang dapat mengarahkan pertumbuhan ekonomi suatu
jurisdition dan pengembangan.
- Komisi
Taft
Dalam gerakan menuju reformasi anggaran di
negara-negara, Wiloughby berpendapat bahwa reformasi anggaran akan melibatkan
tiga benang utama: (1) bagaimana anggaran akan maju dan memberikan kontrol
populer; (2) bagaimana anggaran akan meningkatkan kerjasama legislatif dan
excecutive, dan (3) bagaimana anggaran akan menjamin efisiensi administrasi dan
manajemen. Sebaliknya kenabian ketika Anda mempertimbangkan topik dari beberapa
berita utama kita sehari-hari.
- Pengaruh
Keynes
The Inggris ekonom John Maynard Keynes
menunjukkan bagaimana pengeluaran pemerintah bisa menjadi penting dalam
mengelola perekonomian, dengan merangsang permintaan ketika sumber daya yang kurang
dimanfaatkan dan pengangguran tinggi.
Aaron Wildavsky, dalam edisi berturut
politik proses anggaran, menyoroti sejauh penganggaran yang daripada proses
mekanis politik dan ekonomi.
- Tujuan
Penganggaran
Analisis ekonom Richard dan Peggy Musgrave
Keuangan Publik dalam Teori dan Praktek menyediakan kunci untuk understading
dari tujuan pengelolaan keuangan publik. Mereka mendalilkan bahwa pendapatan
pemerintah reising dan pengeluaran melayani salah satu dari empat tujuan
berikut:
a. Alokasi
b. Distribusi
c. Stabilisasi
d. Pertumbuhan
Sementara ekonom Arthur Laffer umumnya
dikreditkan dengan memiliki "menemukan" supply-side sconomist, tempat
yang mendasari itu didirikan hampir 200 tahun yang lalu oleh Alexander Hamilton
di Federalist, No.21 (1787). Hamilton disajikan argumen ini:
4. Kedua
Jenis Anggaran
Ada dua jenis dasar anggaran. Yang paling
umum, dan apa yang kebanyakan orang pikirkan whenthe anggaran kata datang ke
pikiran, adalah anggaran operasional. Ini adalah rencana jangka pendek untuk
mengelola sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan program.
C. GELOMBANG
INOVASI DALAM PEMBUATAN ANGGARAN
1.
Anggaran Eksekutif
Terobosan konseptual dalam penganggaran
benar-benar konsepsi bahwa mungkin ada anggaran pemerintah di semua-yaitu, satu
dokumen briging bersama-sama di satu tempat pendapatan, pengeluaran, dan
rencana pembiayaan pemerintah.
2.
Perdagangan Line-Item
Anggaran line-item adalah anggaran asli
format setiap item beban memiliki garis literal dalam buku besar.
3.
Penganggaran Kinerja
Konsep penganggaran kinerja, pertama kali
mencoba di New York City pada awal 1900-an, adalah langkah besar pertama di
luar anggaran line-item. Kinerja penganggaran diperlukan ukuran kinerja harus
dinyatakan bersama setiap item baris, sehingga perhitungan dasar dari unit
biaya dan efisiensi bisa dibuat.
4.
Penganggaran Program
Dibandingkan Incrementalism
Gelombang berikutnya reformasi anggaran
diikuti keras pada tumit penganggaran kinerja, dan pada dasarnya bertemu
kekurangannya.
- Penganggaran
Berbasis nol
Pada tahun 1952 Verne B. Lewis terus
pencarian untuk pengembangan teori penganggaran yang dicari Key belasan tahun
ealier.
D. REFORMASI
ANGGARAN KONTEMPORER
Hal ini berguna untuk mempertimbangkan
tiga pertanyaan anggaran kontemporer penting karena mereka tetap tidak terjawab
dan cenderung jadi jauh ke masa depan. Harus anggaran nasional yang terpadu dan
laporan keuangan dibuat? Dapat multiyear siklus anggaran dikendalikan secara
efektif melalui proses politik jangka pendek? Dan, akhirnya bisa proses
anggaran dengan fokus kebijakan yang lebih besar dibuat?
1.
Anggaran Terpadu
Konsep anggaran nasional yang terintegrasi
dan laporan keuangan adalah salah satu yang penting. Tidak ada perusahaan
harapkan pemegang saham harus puas dengan kurang dari satu neraca dan operasi
pernyataan terintegrasi.
2.
Anggaran Multiyear
Masalah berdiri lama-tapi pada dasarnya
belum terselesaikan kedua dalam penganggaran menyangkut membutuhkan beberapa
bidang program untuk pembiayaan dana-untuk multiyear yang membentang selama
beberapa tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar