Rabu, 15 Juni 2016

Permainan Anggaran dalam Manajemen Keuangan Publik (resume)





PERMAINAN ANGGARAN DALAM MANAJEMEN
KEUANGAN PUBLIK



RESUME
(diajukan guna melengkapi tugas Ujian Akhir Semester
Teori Administrasi Publik)



Oleh
AHMAD IRFAN LATIF
130910201038



PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN ADMINISTRASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2016



PENDAHULUAN


Di Amerika Serikat, permainan anggaran menjadi pemikiran utama dalam politik, menduduki waktu dan energi ribu pelobi, politisi, dan pejabat di ibu kota negara, dan lebih sedikit tetapi motivasi yang sama kategori orang di ibukota negara. Mengapa? Karena anggaran secara harfiah permainan terbesar di kota. Seperti setiap pertandingan, ada pemenang dan pecundang, dan taruhannya sangat tinggi. Untuk alasan ini, beasiswa Amerika dalam 40 tahun terakhir telah memiliki keasyikan utama seperti kata Aaron Wildavsky disebut "politik dari proses anggaran".
Penekanan pada "Perdagangan Kuda," sifat negosiasi dari proses anggaran yang bertentangan dengan struktur formal, adalah mitra dari penekanan Lindblom pada sifat "tambahan" dari pengambilan keputusan yang bertentangan dengan model yang komprehensif rasional. Arus utama dalam analisis politik vudgeting selama dalam 40 tahun terakhir tampaknya menyarankan jelas individualistis, banyak pusat pengambilan keputusan lingkungan-lingkungan yang lebih baik dipelajari secara sosiologis daripada melalui teori formal, prosedur, dan struktur. Seperti Allen Schick katakan, "sebuah proses yang berkonsentrasi pada peningkatan yang lebih baik untuk satu yang mencoba untuk meninjau seluruh anggaran karena moderat konflik, mengurangi biaya pencarian, menstabilkan peran anggaran dan expecta-lipatan kemungkinan bahwa nilai-nilai politik yang penting akan diambil diperhitungkan."
Namun bahaya dalam mengangkat perdagangan kuda untuk seni dan ilmu adalah arah yang mungkin hilang: Kami mungkin memiliki kuda terbaik tapi tak naik. Dalam kritik tentang artikel terkenal Lindblom "The Science of Muddling Through," analis kebijakan Yehazkel Dror berbicara dari tiga kondisi penting bagi kebijakan incrementalist akan cukup: (1) hasil kebijakan ini harus dalam memuaskan utama; (2) harus ada tingkat tinggi kontinuitas dalam kodrat masalah; dan (3) harus ada tingkat tinggi kontinuitas dalam cara yang tersedia untuk menangani masalah. Kata Dror, negara-negara berkembang tidak bisa mengejar kebijakan kekuasaan kolonial digulingkan secara bertahap, juga tidak boleh Amerika Serikat dikondisikan mana perubahan nilai yang dibuat sebelumnya persetujuan politik, seperti segregasi, tidak dapat diterima. Washington Gridlock, setidaknya dalam satu dimensi, adalah hasil yang layak dari proses yang sangat terdesentralisasi dari budgeteering dalam pengaturan di mana pemisahan institusi kekuasaan itu sendiri guling.
Apapun pemesanan satu mungkin memiliki mengenai masalah ini normatif, itu adalah empiris kasus bahwa permainan anggaran dimainkan di Washington sebagai bentuk seni, yang anggaran-anggaran mengejar strategi mereka baik untuk belanja atau untuk pemotongan pajak dengan pengaplikasian, strategi, dan saraf baja dari penjudi perahu. Bahkan, proses ini agak seperti sedan utama perahu, dengan suksesi permainan poker yang dimainkan di ruang umum yang sama kabut asap rokok dan poker wajah. Di satu meja duduk kepala departemen dan badan-badan federal. Mereka memainkan permainan berdasarkan pengajuan formal proposal anggaran. Hal ini sebagian besar permaian zero sum, Anda bisa menang hanya jika orang lain kalah. Sebagai contoh, jika Departemen Pertahanan keuntungan, program sosial cenderung kehilangan. Setiap pemain berusaha untuk "menaikkan taruhan" dengan mengacu pada konsekuensi atau risiko yang akan diambil jika sistem pertahanan terbaru tidak dikembangkan, atau jika penanganan banjir pekerjaan umum di sepanjang Sungai Mississippi tidak dilakukan, pelobi berlama-lama di latar belakang di daerah yang dikenal sebagai Gucci Gulch, mendaftar anggota kongres dengan persuasi atau penawaran. Di meja lain duduk kongres dan wanita, dengan satu ditangani, pernah curiga bahwa kartu berikutnya akan datang dari lengan dealer. Di bar, korps pers memandang bermain, membentuk penilaian, dan mengejar strategi dan proeccupations mereka sendiri untuk atau isu minggu depan hari berikutnya. Di atas geladak luar, menikmati udara segar tapi masih dekat dengan adegan aksi, adalah anggota dari think tank konservatif dan liberal. Mereka cukup dekat untuk memiliki rasa datang dari bermain di dalam sedan, tapi itu adalah pandangan yang tidak sempurna dari pengikut kamp di setiap pertempuran. Di kelas dek bawah, ada beberapa teori anggaran akademik, di papan untuk perjalanan.
Seperti dalam poker, tebing dan berlebihan adalah alat taktis kunci dari departemen dan pengeluaran pendukung selama proses anggaran. Sadar bahwa tawaran mereka akan dikenakan beberapa derajat pengurangan, penawar membangun taktik pelindung dengan menyediakan untuk pengurangan dalam tingkat asli dari tawaran. Ini tidak berbohong, tapi memainkan pertandingan yang sulit di mana tidak ada imbalan bagi yang kalah. Permainan itu sendiri diatur. Ada aturan dalam persiapan anggaran untuk indeks insflation yang akan digunakan, cara di mana biaya yang dianggarkan dan program harus didokumentasikan. Tapi tidak ada batas pada ambisi kepala badan yang ingin memaksimalkan anggaran badan mereka dan impotance program mereka ini. Dalam dunia sering menyimpang dari pemerintah, onemay hanya sama pentingnya dengan ukuran anggaran seseorang. Hardik birokratis "saya lebih besar dari Anda" terdengar sering selama anggaran abadi wars.this fenomena universal. Seperti Sir Humphrey Appleby dalam buku Menteri Ya Lengkap menjelaskan kepada rekan pegawai negeri Inggris, "kita mengukur kesuksesan dengan ukuran staf kami dan anggaran kami. Menurut definisi sebuah departemen besar adalah lebih sukses dari yang kecil."
Keliru dari perkiraan anggaran adalah alat yang digunakan oleh kedua pendukung Program dan lawan Program. Seorang eksekutif mungkin berusaha untuk melebih-lebihkan atau meremehkan pengeluaran atau pendapatan untuk memberikan alasan untuk memotong biaya atau untuk meminimalkan defisit anggaran yang dirasakan. Untuk alasan ini Kongres memperoleh perkiraan sendiri dari kantor anggaran kongres, yang mereka anggap sebagai lebih dapat diandalkan dibandingkan kantor presiden manajemen dan anggaran.
Permainan anggaran tentu saja terdiri dari dua bidang politisi playfor: (1) membela clientale Anda againsta kenaikan pendapatan seperti kenaikan pajak, dan (2) berusaha untuk menarik program belanja pemerintah yang akan menguntungkan klien Anda. Seringkali permainan ini dimainkan sehingga terampil bahwa bahkan kategorisasi inisiatif sebagai pendapatan atau pengeluaran dapat berfungsi untuk menyembunyikan sifatnya.
Dalam banyak hormat interaksi antara presiden dan kongres mewakili showdown sthe dalam permainan anggaran. Setelah semua convolutions dari dealing, perdagangan, dan menggertak, bermain akhir adalah antara kongres dan rumah putih, bermain tinggi di drama nya jika kongres dan presiden adalah dari pihak lawan. Tetapi akhirnya, pertandingan tetap. Presiden harus mengirimkan anggaran untuk kongres. Kongres tersebut, lebih-lebih jika bermusuhan, akan secara ekstensif mengubah itu dan mengembalikannya; Presiden harus memutuskan apakah dan sejauh apa untuk menggunakan hak veto. Belakang bermain, pedagang kuda, pelobi, dan babi barrelers terus diperdagangkan.
Karena pentingnya dan cara di mana itu dilakukan, permainan anggaran tidak boleh diremehkan atau diabaikan oleh administrator publik. Pada saat yang sama, sentralitas tidak harus mengalihkan perhatian kita terlalu jauh dari manfaat substantif kebijakan baru dan yang sudah ada, daripada gamesmanship dengan yang dana untuk mereka dapat dicari atau ditolak.


A.    PENTINGNYA PENGELOLAAN KEUANGAN PUBLIC
Aliran dan pengelolaan dana adalah nyawa dari sistem kami administrasi publik. Tidak ada kebijakan, namun frsighted, tidak ada sistem kinerja administrastif, namun baik dibuat, dapat berfungsi kecuali hal ini terkait dengan aliran dana yang akan memungkinkan. Seperti bagian lain dari masyarakat kisah administrasi publik tertutup sejauh ini, sistem istirahat pengelolaan keuangan publik pada desain dan reformasi diadopsi selama bertahun-tahun.
Manajemen keuangan publik adalah hidup yang dinamis, sistem dengan mana warga berinteraksi setiap hari bernapas. Pikirkan sistem ini sebagai agak seperti sistem irigasi besar, salah satu yang mengumpulkan curah hujan di balik bendungan besar, dan mendistribusikan aliran air melalui pipa besar dan kecil dan saluran untuk banyak komunitas yang berbeda, untuk pengguna komersial, ke sekolah-sekolah dan rumah sakit, untuk taman dan amal, untuk bisnis dan individu, ke daerah-daerah pantai dan gurun.

  1. Enam Prinsip
Pada pesta teh boston pada tahun 1773, perintis Amerika mulai berbaring desain sistem negara ini dari pengelolaan keuangan publik ketika kargo dilemparkan dari teh ke boston pelabuhan daripada membayar pajak yang wajar pada mereka ke Inggris. Ketika mereka berteriak slogan mereka, "Tidak ada pajak tanpa perwakilan," mereka juga sebagai serting prinsip-untuk kardinal nilai-desain sistem masa depan manajemen keuangan publik di Amerika.
Di design sistem jantung Amerika pengelolaan keuangan publik adalah sebagai berikut enam prinsip:
a.       Persetujuan Demokrat : Perpajakan dan belanja tidak boleh dilakukan tanpa persetujuan eksplisit dari yang diperintah.
b.      Keseimbangan : Pemerintah harus adil (memperlakukan orang dalam kondisi yang sama sama) dalam meningkatkan dan pajak pengeluaran.
c.       Transparansi : Apa yang pemerintah lakukan dalam meningkatkan dan dana belanja harus terbuka untuk pengetahuan umum dan pengawasan.
d.      Kejujuran : Harus ada kejujuran dalam berurusan dengan dana publik, yang legislator dan administrator adalah pelayan, bukan pemilik.
e.       Prudence : Stewards ini tidak harus mengambil risiko yang tidak semestinya dengan dana publik.
f.        Akuntabilitas : Mereka yang berurusan dengan dana publik dapat dan harus secara teratur dipanggil untuk mempertanggungjawabkan kepengurusan mereka melalui legislatif review dan audit yang proses.

  1. Anggaran Berimbang
Sebuah anggaran yang seimbang adalah anggaran di mana penerimaan sama dengan atau lebih besar dari pengeluaran. Sebuah pemerintahan yang memiliki satu sehat secara finansial. Keuntungan dari anggaran yang seimbang, tidak menghabiskan lebih dari yang Anda ambil dalam, yang jelas. Tetapi ada juga keuntungan untuk "unbalances" anggaran, mereka yang membutuhkan pinjaman publik.

  1. Tahun Fiskal
Sarana fiskal yang berkaitan dengan perpajakan, pendapatan masyarakat, atau utang publik. Tahun fiskal adalah periode akuntansi 12-bulan tanpa memperhatikan satu tahun kalender. Tahun fiskal yang ditunjuk oleh tahun kalender yang berakhir (misalnya, tahun fiskal 2001 adalah tahun fiskal yang berakhir 30 September, 2001) tidak semua govenments negara bagian dan lokal mengikuti contoh federal. Kebanyakan negara mulai tahun fiskal mereka pada 1 Juli; tetapi beberapa menggunakan hari April, September, atau Oktober. Fiskal juga digunakan sebagai kata sifat semua tujuan untuk merujuk pada hubungannya dengan keuangan govermenr. Jadi integritas fiskal merupakan karakteristik dari anggaran pemerintah yang menghabiskan tidak lebih dari pendapatan yang diantisipasi.

B.     TEORI PENGANGGARAN DAN PRAKTEK
Penganggaran adalah satu proses pengambilan keputusan yang paling penting di lembaga-lembaga publik. Anggaran itu sendiri juga dokumen referensi yang paling penting yurisdiksi ini. Dalam format semakin tebal mereka, anggaran sekaligus merekam hasil keputusan kebijakan, mengutip prioritas kebijakan serta tujuan program, dan menggambarkan upaya total servica pemerintah.
Anggaran publik memiliki empat dimensi dasar. Pertama, itu adalah alat politik yang mengalokasikan sumber daya yang langka publik antara kebutuhan sosial dan ekonomi dari yurisdiksi. Kedua, anggaran adalah alat manajerial atau administrasi: itu menentukan wats dan berarti memberikan program dan layanan publik. Ketiga, anggaran merupakan instrumen ekonomi yang dapat mengarahkan pertumbuhan ekonomi suatu jurisdition dan pengembangan.

  1. Komisi Taft
Dalam gerakan menuju reformasi anggaran di negara-negara, Wiloughby berpendapat bahwa reformasi anggaran akan melibatkan tiga benang utama: (1) bagaimana anggaran akan maju dan memberikan kontrol populer; (2) bagaimana anggaran akan meningkatkan kerjasama legislatif dan excecutive, dan (3) bagaimana anggaran akan menjamin efisiensi administrasi dan manajemen. Sebaliknya kenabian ketika Anda mempertimbangkan topik dari beberapa berita utama kita sehari-hari.

  1. Pengaruh Keynes
The Inggris ekonom John Maynard Keynes menunjukkan bagaimana pengeluaran pemerintah bisa menjadi penting dalam mengelola perekonomian, dengan merangsang permintaan ketika sumber daya yang kurang dimanfaatkan dan pengangguran tinggi.
Aaron Wildavsky, dalam edisi berturut politik proses anggaran, menyoroti sejauh penganggaran yang daripada proses mekanis politik dan ekonomi.

  1. Tujuan Penganggaran
Analisis ekonom Richard dan Peggy Musgrave Keuangan Publik dalam Teori dan Praktek menyediakan kunci untuk understading dari tujuan pengelolaan keuangan publik. Mereka mendalilkan bahwa pendapatan pemerintah reising dan pengeluaran melayani salah satu dari empat tujuan berikut:
a.       Alokasi
b.      Distribusi
c.       Stabilisasi
d.      Pertumbuhan
Sementara ekonom Arthur Laffer umumnya dikreditkan dengan memiliki "menemukan" supply-side sconomist, tempat yang mendasari itu didirikan hampir 200 tahun yang lalu oleh Alexander Hamilton di Federalist, No.21 (1787). Hamilton disajikan argumen ini:

4.      Kedua Jenis Anggaran
Ada dua jenis dasar anggaran. Yang paling umum, dan apa yang kebanyakan orang pikirkan whenthe anggaran kata datang ke pikiran, adalah anggaran operasional. Ini adalah rencana jangka pendek untuk mengelola sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan program.


C.    GELOMBANG INOVASI DALAM PEMBUATAN ANGGARAN
1.      Anggaran Eksekutif
Terobosan konseptual dalam penganggaran benar-benar konsepsi bahwa mungkin ada anggaran pemerintah di semua-yaitu, satu dokumen briging bersama-sama di satu tempat pendapatan, pengeluaran, dan rencana pembiayaan pemerintah.

2.      Perdagangan Line-Item
Anggaran line-item adalah anggaran asli format setiap item beban memiliki garis literal dalam buku besar.

3.      Penganggaran Kinerja
Konsep penganggaran kinerja, pertama kali mencoba di New York City pada awal 1900-an, adalah langkah besar pertama di luar anggaran line-item. Kinerja penganggaran diperlukan ukuran kinerja harus dinyatakan bersama setiap item baris, sehingga perhitungan dasar dari unit biaya dan efisiensi bisa dibuat.

4.      Penganggaran Program Dibandingkan Incrementalism
Gelombang berikutnya reformasi anggaran diikuti keras pada tumit penganggaran kinerja, dan pada dasarnya bertemu kekurangannya.
  1. Penganggaran Berbasis nol
Pada tahun 1952 Verne B. Lewis terus pencarian untuk pengembangan teori penganggaran yang dicari Key belasan tahun ealier.


D.    REFORMASI ANGGARAN KONTEMPORER
Hal ini berguna untuk mempertimbangkan tiga pertanyaan anggaran kontemporer penting karena mereka tetap tidak terjawab dan cenderung jadi jauh ke masa depan. Harus anggaran nasional yang terpadu dan laporan keuangan dibuat? Dapat multiyear siklus anggaran dikendalikan secara efektif melalui proses politik jangka pendek? Dan, akhirnya bisa proses anggaran dengan fokus kebijakan yang lebih besar dibuat?

1.      Anggaran Terpadu
Konsep anggaran nasional yang terintegrasi dan laporan keuangan adalah salah satu yang penting. Tidak ada perusahaan harapkan pemegang saham harus puas dengan kurang dari satu neraca dan operasi pernyataan terintegrasi.

2.      Anggaran Multiyear
Masalah berdiri lama-tapi pada dasarnya belum terselesaikan kedua dalam penganggaran menyangkut membutuhkan beberapa bidang program untuk pembiayaan dana-untuk multiyear yang membentang selama beberapa tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar