Kamis, 09 Juni 2016

Sistem Informasi Manajemen (materi)



SISTEM INFORMASI MENAJEMEN (SIM)
Modernisasi dan kemajuan iptek
ü  adanya tuntutan pelayanan yang membutuhkan transaksi cepat akurat dan transparan.
ü  Orientasi pempinan organisasi terhadap peranan informasi dalam pengambilan keputusa.
ü  Peningkatan pendidikan tekanan lingkungan dan kemajuan dari berbagai segi.
ü  Peningkatan ketahanan nasional.

Fungsi SIM untuk memecahakan masalah:
ü  Perlu adanya keterampilan setiap orang.
ü  Keterlibatan pihak dalam suatu keharusan.
ü  Ketersediannya informasi
ü  Perlu kecangihan perangkat
ü  Kemauan pimpinan atau organisasi
Pengertian dasar SIM ( system informasi menajemen )
System adalah suatu kumplan element terhadap hubungan suatu element untuk mencapai sasaran umum . sedangakan, informasi adalah hasil olahan  yang mamili makna. Data yaitu menjadi dasar semua informasi sedangkan data yang diolah berdasarkan teknik atau metode.
Menurut wahyudi k, bahwa system informasi menajemen adalah sekumpulan komponen untuk menyajukan informasi dengan cara sedemikian rupa guna mendayagunakan orang lain untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut lucas, bahwa system informasi menajeman merupakan sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikann organisasi.
Dari dua teori tersebut, bahwasannya sistem informasi menajemen yaitu oraganisasi yang memiliki suatu system,  dapat diandalkan dalam mengelolah data menjadi informasi yang bermanfaat dan suatu organisasi dapat membuat keputusan menajemen baik yang rutin maupun strategis. System ini menggunakan perangkat keras ( hardware) dan perangkat lunak (software) computer, prosedur pedoman, modal manajemen dan keputusan, sebuah “ data base”.
            Unsur- unsur SIM adalah:
1.    Manusia
2.    Perangkat keras ( hardware)
3.    Perangkat lunak (software)
4.    Data
5.    Prosedur

Macam- macam SIM
ü  System manual terdiri dari :
1.    System physical
2.    System biologycal
ü  System man made
ü  System manusia dan system mesin







Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM)
sebelum adanya teknologi, suatu organisasi menggunakan system yang manual secara administrasi tidak dapat menyimpan data di computer karena keterbatasan computer dan proses untuk menggelolah administrasi agak lama. System manual ini masih menggunakan tenaga yang di butuhkan manusia contohnya aja menyimpan dokumen di tempat yang aman atau tempat yang rahasia dan tidak menggunakan teknologi yang lebih canggih. Karena itu, suatu proses keadministrasian di suatu organisasi lama, tidak efektif dalam pengelolahan data.
Tidak hanya itu organisasi juga harus memiliki banyak informasi yang di dapatkan. Agar organisasi tersebut tidak ketinggalan informasi terbaru dan dapat berkembang dengan organisasi lainnya untuk mencapai suatu tujuan organisasi tersebut.
Dalam perkembangan suatu organisasi yang sekarang iptek atau treknologi sudah semakin berkembang dan maju. Dengan adanya iptek semua informasi dapat di temukan di satu teknologi atau yang biasa di sebut internet. Hal ini dapat merubahkan total organisasi. Karena dengan adanya iptek yang berkembang tenaga manusia di suatu organisasi akan di phk- kan.
Suatu informasi ini di gunakan oleh suatu organisasi. Informasi juga sangat penting untuk seorang pemimpin organisasi untuk mengatasi masalah  organisasi  dan cepat mengambil keputusan agar organisasi tersebut dapat bejalan secara efektif dan efisien.
   





Apakah system informasi menajeman itu perlu ?
ü  Ketika organisasi semakin besar, maka masalah yang di hadapi juga semakin rumit. Sehingga perlu memanfaatkan adanya kemajuan teknologi informasi dan cepat mengambil sebuah keputusan untuk masalah organisasi tersebut.
ü  Setiap organisasi berusaha menyelesaikan masalah secara tepat, perlu di ciptakan system yang ampuh dan yang mampu menyajikan sebuah informasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

System informasi yang berbasis computer :
1.    System informasi menajeman menempatkan data computer.
2.    Jika keunggulan computer untuk mengelolah data dan digabungkan dengan kemampuan manusia dalam mengambil keputusan maka akan di peroleh kinerja yang baik.
Ciri ciri kemampuan manusia dan computer :
Kemampuan komputer
Kemampuan manusia
Mengelolah data lebih cepat
Intusi dan penilaian
Data yang ada akurat
Responsive dan adaptasi
Berkerja apabila di perintah
Dapat membaca teks
otomatis
Dapat mengeluakan argument atau pendapat.





Hubungan system informasi menajemen dan teknologi informasi

System informasi manajemen dengan teknologi informasi sangat berhubungan, karena keduanya bergerak di bidang informasi dan teknologi informasi. Sehingga teknologi informasi mengalami kerusakan maka mempengaruhi system informasi. Menurut Mcleod (1995) mendefinisikan system informasi manajemen ( SIM ) sebagai suatu system yang berbasis computer yang menyediakan informasi bagi para pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Pengguna biasaya membentuk entitas organisasi formal atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan suatu organisasi yang salah satu system.
Penerapan system informasi di dalam suatu organisasi untuk membantu memberikan dukungan informasi  yang dibutuhkan. System manajemen mengandung tiga aktivitas dasar di dalanya yaitu : aktivitas masukan (input), memprosesan (processing) dan keluaran ( output). Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptajkan produk atau jasa baru.
            Input dalam system informasi manajemen, pengumpulan data dari bahan  mentah yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Dari bahan mentah tersebut di proses menjadi satu atau di analisis suatu organisasi tersebut. hal tersebut akan menjadikan suatu hasil dari data yang telah di analisis oleh organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang di bantu oleh teknologi ( mengumpulkan data ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar